Pada kesempatan kali
ini saya ingin menjelaskan rangkuman dari seminar Good Game Campus dengan tema
“Game Industry, Global and Indonesia Opportunity and Challenges” yang diselenggarakan
di Universitas Gunadarma pada tanggal 10 juni 2014. Pada seminar ini terdapat 4
narasumber yang berpengalaman dalam bidang game.
Narasumber pertama : Bapak Andreas(TIM UG IBC)
Outline : 1. Game Yesterday and Today
2. Game Component
2. Game Component
·
Game Yesterday and Today
Merupakan game yang popular atau game sepanjang masa. Yang
membuat user tidak akan bosan untuk memainkannya karena bagus dan menarik.
Contoh game : DOOM, price of persia, counter strike, point blank dll
·
Game Component
Merupakan komponen- komponen atau isi
dari game tersebut. Game component terdiri dari 2(dua) bagian yaitu content +
engine.
Content terdiri dari:
- Sound
- Effect
- Lighting
- Level design
- Animation
- Etc
Engine terdiri dari:
- Motion capture:
Other factors for successful Game:
1. Playability and game play
2. How fun are the Game
3. Price
4. Innovation only god when these two
above factor are met.
5. Timing
6. Play by industry
Innovation controller game
1. Brain
Computer interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan
computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan.
Fungsi dari BCI ini juga dapat digunakan untuk melihat fungsi apakah yang
terkandung dalam otak seseorang. Untuk memainkan pemainan dengan controller BCI
ini diperlukan ketenangan suasana, agar pemain dapat berkonsentrasi
penuh untuk mencapai tujuan dari game yang sedang dimainkannya.
Prinsip kerja dari BCI sendiri berupa stimulus gelombang Alpha, Beta,
Delta, Theta dan Neural Impulse Actuator (NIA).
Pada bahasan tersebut
game yang harus dibuat haruslah unik, memiliki sasaran yang luas untuk usernya,
dan menarik. Contoh perbandingan game angrybird dan point blank:
pada game angry bird:
1. belum ada sejarahnya burung
berkelahi dengan babi karena memperebutkan telur.
2. game simpel yang hanya menarik ketapel untuk melontarkan burung dan menjatuhkan babi.
3. desain simpel tetapi menarik.
2. game simpel yang hanya menarik ketapel untuk melontarkan burung dan menjatuhkan babi.
3. desain simpel tetapi menarik.
4. dari segi suara menarik untuk di
dengarkan.
5. tidak ada batasan usia, dan gender untuk memainkan game ini.
jika di bandingkan dengan point blank:
1.peperangan sudah umum dengan menggunakan senjata.
2. tombol yang digunakan banyak.
3. dari segi desain point blank lebih bagus.
4. untuk suara yang sangat berisik bisa mengganggu orang lain.
5. biasanya yang bermain game ini adalah laki-laki usia muda-dewasa.
perbandingan itu di sebutkan oleh pembicara CEO game.
Narasumber Kedua : Wong Lok Dien
“The Rise Of Gaming”
Untuk meningkatkan atau mengembangkan suatu game yang akan kita buat,
diperlukan beberapa aspek pendukung dalam pembuatan dan pemasaran game itu
sendiri. Usahakan untuk mencapai global atau umum, dengan memudahkan akses
platform pada game yang kita buat. Dibawah ini adalah tahap-tahap pembuatan
game yang baik, yaitu:
1. Bunch
of references. Untuk membuat suatu game yang baik diperlukan beberapa
referensi game-game yang sudah ada kemudian digabungkan dan diperbarui lagi
menjadi game yang up to date.
2. Free
& Easy to Use tools. Setelah memiliki beberapa referensi game, saatnya
mengimplementasikannya ke dalam aplikasi game yang akan kita buat. Usahakan
untuk menggunakan peralatan yang gratis dan mudah dalam penggunaannya.
3. Monetize
ready. Apabila game yang telah kita buat telah selesai dengan baik kita
sudah siap untuk menampung pundi-pundi uang.
4. Open
market. Dari semua tahap inilah tahap yang paling penting, usahakan
aplikasi kita dapat ditemukan disemua market khusus platform gadget-gadget game
yang sedang trend di masa sekarang.
Dari keempat tahap tersebut ada tahapan-tahapan lain
yang perlu dimulai dari diri kita sendiri. Tahapan tersebut antara
lain:
1. Concept
2. Execution
3. Access to the market
4. Marketing / promotion
5. Service & operations
Dalam game ada pula yang menggunakan
sensor gerak manusia secara nyata yang di tempelkan pada tubuhnya di beberapa
bagian. Pada softwarenya juga di pasangkan titik-titik tersebut pada animasi
manusianya, sehingga jika manusia bergerak, gerakannya akan terrekam dalam
bentuk animasi manusia pada software tersebut. dari sinilah biasanya pergerakan
manusia dalam game di buat, tidak hanya itu pada animasi film juga melakukan
seperti ini.
dalam contoh ini peragaan seperti game flappy bird tetapi manusia menggerakan tangannya seperti burung mengepakkan sayapnya sehingga game tersebut bisa terbang layaknya game flappy bird.
dalam contoh ini peragaan seperti game flappy bird tetapi manusia menggerakan tangannya seperti burung mengepakkan sayapnya sehingga game tersebut bisa terbang layaknya game flappy bird.
Selain itu tidak hanya itu pada seminar
juga menampilkan tentang bermain game hanya menggunakan pikiran. Tanpa kita
sadari otak kita memancarkan beberapa sinyal seperti alfa, beta, dan gama.
Dalam sinyal ini lah suatu hardware tersebut menangkap sinyal lalu di jadikan
sebagai penggerak softwarenya. Dalam seminar itu seorang user yang sudah
berlatih bagaimana cara untuk bermain mempraktikkannya.
ada 2 game yang dia praktikan
1. permainan tenis sederhana dengan sebuah tongkat yang di gerakan oleh
player dengan pikirannya, tanpa menyentuhnya. dalam hal ini bola tidak boleh
melewati tongkat player, jika tidak maka player akan kalah.
2. pada game ini seperti game tembak-tembakan dengan pistol. navigasinya
dia bilang melalui lirikan mata. dan menembaknya dengan memikirkannya.
hardware ini masih prototype dan belum
sempurna. dimana user harus rilex supaya bisa memainkan game ini. Sebelum
bermain grafik rilex sinyal otak akan terlihat pada monitor. dan game baru akan
berjalan jika pemain sudah rilex. Tidak hanya itu ada juga game yang di padukan
dengan sulap.
Seperti yang menampilkan perhitungan dengan
jumlah kotak 4X4, dan setiap baris jika di jumlahkan harus sesuai dengan angka
yang di minta. Misalnya kita meminta angka 50 perhitungan baris 1 harus
mempunyai jumlah 50 begitu juga baris 2 sampai 4 dan juga kolom 1 sampai 4.
Pada percobaan game ini pemain gagal dalam melakukan perhitungan yang tepat.
Narasumber Ketiga : Kim Kyoung Hwan
Menjelaskan tentang "Game Engine Unity 3D"
Untuk pembuatan game unity 3D ini tidak hanya diperuntukan untuk seorang
programmer saja, orang lain yang bukan seorang programmer pun dapat membuatnya,
pembuatan game pada Unity 3D ini gampang-gampang sulit. Kita hanya memerlukan
ketelitian dan keterampilan untuk membuat design graphics yang nyata, sehingga
game yang kita buat dapat menyerupai keadaan aslinya. Untity 3D platform:
- IOs -
PS3
- Android -
Xbox 360
- Flash -
Wii
- PC -
Web Player
- Mac -
Blackberry
·
User growth rate of unity 3D
·
Works created by non-programmers
·
Korea game education conditions
·
Unity showcase 2014 (unity3d.com)
Narasumber Keempat : Stephen ceo
“Mobile Game Market Smart Trends and
Success Stories”
- Global mobile
market game memerlukan device yang banyak untuk penembangannya. Sudah banyak
platform yang mendukung seperti Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
- Untuk pemasaran
global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC.
- Di Amerika pada
awalnya menghasilkan game untuk PC, namun setelah apple muncul, game dari
platform PC berubah menjadi game berbasis mobile platform. Pemakaian mobile
game sendiri terbilang sangat banyak dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak yang
sudah menggunakannya.
- Di Asia pun tidak
kalah pemakaiannya. Mulai dari anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak dapat kita
jumpai sedang asyik memainkan mobile game yang dimilikinya. Oleh karena itu
apabila kita ingin menciptakan suatu game mobile yang baik, sebaiknya dibuat
secara global atau umum sehingga siapapun dapat memainkan permainan yang kita
buat tanpa harus terbentur usia.
- Company game
mobile Korea yang sukses antara lain:
1. Gamevil
2. Com2us
3. Pictosoft
4. Talk
5. SundayTOZ
6. pAti
7. nfx
- Tidak hanya
Korea, Indonesia pun memiliki beberapa web game / game online yang sukses,
antara lain:
1. PT. Kreon
2. Lyto
3. Megaxus
Dari pc berubah ke mobile platform
1. Status of korea mobile game succesful companies
ü Partnership
ü Momen yang tepat untuk launching
ü Mencari tau trend mobile gaming, baru launching
ü Untuk pemula
peluangnya tidak terlalu besar, maka stephen cho ingin membantu sekalian berbisnis
ü Jangan ragu-ragu
untuk membuat mobile gaming, pintar mencari teman untuk sharing dalam menemukan
content
2. growth direction of the mobile game companies in
indonesia
ü dimulai dari niat untuk menjalankan semua
ü mental
ü tujuan kearah global
ü perencanaan content
ü pintar graphics
ü peka untuk memenuhi kekurangan yang ada.
Lalu bahasan tentang pembuatan game.
1. dalam membuat game tidak boleh mengenal kata
menyerah.
2. harus memiliki tim yang ahli pada bidangnya
jika game yang di buat adalah game besar.
3. terus berlatih dengan semangat.
4. pelajari tentang algoritma dan logika.
Pembahasan tentang peminat game dari tahun ke tahun semakin meningkat.
pembuatan game yang dahulu sudah menarik, di buat lagi dengan konsep dan desain baru pada animasinya sehingga peminatnya dapat memainkan kembali game yang sudah berevoliusi tersebut.
pembuatan game yang dahulu sudah menarik, di buat lagi dengan konsep dan desain baru pada animasinya sehingga peminatnya dapat memainkan kembali game yang sudah berevoliusi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar