Pages

Selasa, 17 Juni 2014

Seminar Good Game Campus

Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan rangkuman dari seminar Good Game Campus dengan tema  “Game Industry, Global and Indonesia Opportunity and Challenges” yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma pada tanggal 10 juni 2014. Pada seminar ini terdapat 4 narasumber yang berpengalaman dalam bidang game.
Narasumber pertama : Bapak Andreas(TIM UG IBC)
Outline : 1. Game Yesterday and Today
             2. Game Component

·                     Game Yesterday and Today
          Merupakan game yang popular atau game sepanjang masa. Yang membuat user tidak akan bosan untuk memainkannya karena bagus dan menarik. Contoh game : DOOM, price of persia, counter strike, point blank dll
·                     Game Component
        Merupakan komponen- komponen atau isi dari game tersebut. Game component terdiri dari 2(dua) bagian yaitu content + engine.
Content terdiri dari:
-         Sound
-         Effect
-         Lighting
-         Level design
-         Animation
-         Etc
Engine terdiri dari:
-         Motion capture:
Other factors for successful Game:
1.     Playability and game play
2.     How fun are the Game
3.     Price
4.     Innovation only god when these two above factor are met.
5.     Timing
6.     Play by industry


Innovation controller game
1.     Brain Computer interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan. Fungsi dari BCI ini juga dapat digunakan untuk melihat fungsi apakah yang terkandung dalam otak seseorang. Untuk memainkan pemainan dengan controller BCI ini  diperlukan ketenangan suasana, agar pemain dapat berkonsentrasi penuh untuk mencapai tujuan dari game yang sedang dimainkannya. Prinsip kerja dari BCI sendiri berupa stimulus gelombang Alpha, Beta, Delta, Theta dan Neural Impulse Actuator (NIA).

Pada bahasan tersebut game yang harus dibuat haruslah unik, memiliki sasaran yang luas untuk usernya, dan menarik. Contoh perbandingan game angrybird dan point blank:
pada game angry bird:
1. belum ada sejarahnya burung berkelahi dengan babi karena memperebutkan telur.
2. game simpel yang hanya menarik ketapel untuk melontarkan burung dan menjatuhkan babi.
3. desain simpel tetapi menarik.
4. dari segi suara menarik untuk di dengarkan.
5. tidak ada batasan usia, dan gender untuk memainkan game ini.

jika di bandingkan dengan point blank:
1.peperangan sudah umum dengan menggunakan senjata.
2. tombol yang digunakan banyak.
3. dari segi desain point blank lebih bagus.
4. untuk suara yang sangat berisik bisa mengganggu orang lain.
5. biasanya yang bermain game ini adalah laki-laki usia muda-dewasa.


perbandingan itu di sebutkan oleh pembicara CEO game.

Narasumber Kedua : Wong Lok Dien
“The Rise Of Gaming”

Untuk meningkatkan atau mengembangkan suatu game yang akan kita buat, diperlukan beberapa aspek pendukung dalam pembuatan dan pemasaran game itu sendiri. Usahakan untuk mencapai global atau umum, dengan memudahkan akses platform pada game yang kita buat. Dibawah ini adalah tahap-tahap pembuatan game yang baik, yaitu:
1.     Bunch of references. Untuk membuat suatu game yang baik diperlukan beberapa referensi game-game yang sudah ada kemudian digabungkan dan diperbarui lagi menjadi game yang up to date.
2.     Free & Easy to Use tools. Setelah memiliki beberapa referensi game, saatnya mengimplementasikannya ke dalam aplikasi game yang akan kita buat. Usahakan untuk menggunakan peralatan yang gratis dan mudah dalam penggunaannya.
3.     Monetize ready. Apabila game yang telah kita buat telah selesai dengan baik kita sudah siap untuk menampung pundi-pundi uang.
4.     Open market. Dari semua tahap inilah tahap yang paling penting, usahakan aplikasi kita dapat ditemukan disemua market khusus platform gadget-gadget game yang sedang trend di masa sekarang.

Dari keempat tahap tersebut ada tahapan-tahapan lain yang  perlu dimulai dari diri kita sendiri. Tahapan tersebut antara lain:
1.     Concept
2.     Execution
3.     Access to the market
4.     Marketing / promotion
5.     Service & operations



Dalam game ada pula yang menggunakan sensor gerak manusia secara nyata yang di tempelkan pada tubuhnya di beberapa bagian. Pada softwarenya juga di pasangkan titik-titik tersebut pada animasi manusianya, sehingga jika manusia bergerak, gerakannya akan terrekam dalam bentuk animasi manusia pada software tersebut. dari sinilah biasanya pergerakan manusia dalam game di buat, tidak hanya itu pada animasi film juga melakukan seperti ini.
dalam contoh ini peragaan seperti game flappy bird tetapi manusia menggerakan tangannya seperti burung mengepakkan sayapnya sehingga game tersebut bisa terbang layaknya game flappy bird.
Selain itu tidak hanya itu pada seminar juga menampilkan tentang bermain game hanya menggunakan pikiran. Tanpa kita sadari otak kita memancarkan beberapa sinyal seperti alfa, beta, dan gama. Dalam sinyal ini lah suatu hardware tersebut menangkap sinyal lalu di jadikan sebagai penggerak softwarenya. Dalam seminar itu seorang user yang sudah berlatih bagaimana cara untuk bermain mempraktikkannya.
ada 2 game yang dia praktikan
1. permainan tenis sederhana dengan sebuah tongkat yang di gerakan oleh player dengan pikirannya, tanpa menyentuhnya. dalam hal ini bola tidak boleh melewati tongkat player, jika tidak maka player akan kalah.
2. pada game ini seperti game tembak-tembakan dengan pistol. navigasinya dia bilang melalui lirikan mata. dan menembaknya dengan memikirkannya.
hardware ini masih prototype dan belum sempurna. dimana user harus rilex supaya bisa memainkan game ini. Sebelum bermain grafik rilex sinyal otak akan terlihat pada monitor. dan game baru akan berjalan jika pemain sudah rilex. Tidak hanya itu ada juga game yang di padukan dengan sulap.
Seperti yang menampilkan perhitungan dengan jumlah kotak 4X4, dan setiap baris jika di jumlahkan harus sesuai dengan angka yang di minta. Misalnya kita meminta angka 50 perhitungan baris 1 harus mempunyai jumlah 50 begitu juga baris 2 sampai 4 dan juga kolom 1 sampai 4. Pada percobaan game ini pemain gagal dalam melakukan perhitungan yang tepat.

Narasumber Ketiga : Kim Kyoung Hwan
Menjelaskan tentang "Game Engine Unity 3D"

Untuk pembuatan game unity 3D ini tidak hanya diperuntukan untuk seorang programmer saja, orang lain yang bukan seorang programmer pun dapat membuatnya, pembuatan game pada Unity 3D ini gampang-gampang sulit. Kita hanya memerlukan ketelitian dan keterampilan untuk membuat design graphics yang nyata, sehingga game yang kita buat dapat menyerupai keadaan aslinya. Untity 3D platform:
-         IOs                                      - PS3
-         Android                              - Xbox 360
-         Flash                                   - Wii
-         PC                                      - Web Player
-         Mac                                    - Blackberry


·             User growth rate of unity 3D
·             Works created by non-programmers
·             Korea game education conditions 
·             Unity showcase 2014 (unity3d.com)
Narasumber Keempat : Stephen ceo

“Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories”

-         Global mobile market game memerlukan device yang banyak untuk penembangannya. Sudah banyak platform yang mendukung seperti Line, We Chat, Kakao Talk, dll.
-         Untuk pemasaran global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC.
-         Di Amerika pada awalnya menghasilkan game untuk PC, namun setelah apple muncul, game dari platform PC berubah menjadi game berbasis mobile platform. Pemakaian mobile game sendiri terbilang sangat banyak dan luas. Mulai anak 10th-30th banyak yang sudah menggunakannya.
-         Di Asia pun tidak kalah pemakaiannya. Mulai dari anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak dapat kita jumpai sedang asyik memainkan mobile game yang dimilikinya. Oleh karena itu apabila kita ingin menciptakan suatu game mobile yang baik, sebaiknya dibuat secara global atau umum sehingga siapapun dapat memainkan permainan yang kita buat tanpa harus terbentur usia.
-         Company game mobile Korea yang sukses antara lain:
1.     Gamevil
2.     Com2us
3.     Pictosoft
4.     Talk
5.     SundayTOZ
6.     pAti
7.     nfx
-         Tidak hanya Korea, Indonesia pun memiliki beberapa web game / game online yang sukses, antara lain:
1.     PT. Kreon
2.     Lyto
3.     Megaxus

Dari pc berubah ke mobile platform
1.      Status of korea mobile game succesful companies
ü  Partnership
ü  Momen yang tepat untuk launching
ü  Mencari tau trend mobile gaming, baru launching
ü  Untuk pemula peluangnya tidak terlalu besar, maka stephen cho ingin membantu sekalian berbisnis
ü  Jangan ragu-ragu untuk membuat mobile gaming, pintar mencari teman untuk sharing dalam menemukan content
2.      growth direction of the mobile game companies in indonesia
ü  dimulai dari niat untuk menjalankan semua
ü  mental
ü  tujuan kearah global
ü  perencanaan content
ü  pintar graphics
ü  peka untuk memenuhi kekurangan yang ada.
Lalu bahasan tentang pembuatan game.
1.      dalam membuat game tidak boleh mengenal kata menyerah.
2.       harus memiliki tim yang ahli pada bidangnya jika game yang di buat adalah game besar.
3.       terus berlatih dengan semangat.
4.       pelajari tentang algoritma dan logika.
Pembahasan tentang peminat game dari tahun ke tahun semakin meningkat.
pembuatan game yang dahulu sudah menarik, di buat lagi dengan konsep dan desain baru pada animasinya sehingga peminatnya dapat memainkan kembali game yang sudah berevoliusi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar