NPM : 50411785
Kelas : 4IA12
SDM dan Organisasi
Sumber
daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang
terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk
sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri
serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan
kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian
praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem
yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian
psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan
organisasi.
Struktur Organisasi
Struktur
adalah cara sesuatu disusun atau dibangun. Organisasi adalah suatu wadah
berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Jadi,Struktur
Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi
yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai
tujuan. Bentuk struktur organisasi di antaranya sebagai berikut :
a. Fungsional
Orang-orang
dikelompokkan ke dalam departemen – departemen menurut kesamaan keterampilan
dan aktivitas-aktivitas kerja. Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana
wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang
mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang
mempunyai keahlian khusus. Struktur organisasi fungsional diciptakan oleh
F.W.Taylor. Contoh: www.garden.com
Ciri-ciri
fungsional :
- Organisasi kecil
-
Di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
-
Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
-
Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
-
Pengawasan dilakukan secara ketat
-
Tidak menjamin adanya kesatuan perintah
-
Hemat waktu karena mengerjakan pekerjaan yang sama
Keunggulan
Fungsional :
-
Penggunaan
sumberdaya yang efisien, skala ekonomis
-
Spesialisasi
keterampilan yang mendalam dan pengembangan
-
Kemajuan
karier dalam departemen fungsional
-
Panduan
dan pengendalian dari manajemen Puncak
-
Koordinasi
yang luar biasa dalam fungsi-fungsi
-
Pemecahan
masalah teknikal yang berkualitas
Kelemahan
Fungsional :
-
Komunikasi
lintas departemen fungsional yang buruk
-
Tanggapan
lambat yang diberikan pada perubahan lingkungan, ketinggalan inovasi
-
Keputusan
terkonsentrasi pada hirarki puncak, menciptakan penundaan
-
Tanggung
jawab bagi masalah yang muncul sulit ditunjukkan secara tepat
-
Pandangan
terbatas mengenai sasaran organisasi dari pada karyawan
-
Pelatihan
manajemen umum yang terbatas bagi karyawan
b. Divisional
Departemen
dikelompokkan ke dalam divisi mandiri terpisah berdasarkan pada kesamaan
produk, program, atau daerah geografis. Perbedaan keterampilan merupakan dasar
departementalisasi, dan bukannya kesamaan keterampilan. Contoh :
www.heinz.com
Rancangan
Struktur Divisional :
Keunggulan
Divisional :
-
Cepat
tanggap, fleksibilitas pada lingkungan yang tidak stabil
-
Memperhatikan
kebutuhan konsumen
-
Koordinasi
yang luar biasa lintas departemen fungsional
-
Pembebanan
tanggung jawab yang jelas bagi permasalahan produk
-
Penekanan
terhadap keseluruhan produk dan tujuan divisional
-
Pengembangan
keterampilan manajemen umum
Kelemahan
Divisional :
-
Duplikasi
sumberdaya lintas divisi
-
Kurang
pendalaman teknis dan spesialisasi dalam divisi-divisi
-
Koordinasi
yang buruk lintas divisi
-
Kurangnya
kendali sumberdaya menajemen puncak
-
Kompetesi
untuk sumberdaya perusahaan
c. Matriks
Ranati
komando divisional dan fungsional diimplementasikan secara simulatan dan
membebani satu sama lainnya dalam departemen yang sama. Terdapat dua rantai
komando, dan beberapa karyawan memberikan laporan pada dua bos. Contoh :
www.nasa.gov
Bentuk
Struktur Matriks :
Keunggulan
Matriks :
-
Penggunaan
sumberdaya yang lebih efisien dibandingkan pada hirarki tunggal
-
Fleksibilitas
dan adaptabilitas terhadap lingkungan yang terus berubah
-
Pengembangan
keterampilan manajemen umum dan spesialis
-
Kerja
sama interdisiplin, ketersediaan ahli untuk seluruh divisi
-
Pelebaran
tugas-tugas bagi para karyawan
Kelemahan
Matriks :
-
Frustasi
dan kebingungan dari rantai komando ganda
-
Konflik
tinggi antara dua sisi matriks
-
Banyak
pertemuan, lebih banyak diskusi daripada tindakan
-
Membutuhkan
pelatihan hubungan manusia
-
Dominasi
kekuatan oleh salah satu sisi matriks
d. Tim
Organisasi
membentuk serangkaian tim untuk menyelesaikan tugas-tugas khusus dan untuk
mengkoordinasikan departemen-departemen utama. Contoh :
www.apple.com
Bentuk
Struktur Tim :
Keunggulan
Tim :
-
Punya
beberapa keunggulan struktur fungsional
-
Mengurangi
hambatan antar departemen, meningkatkan kompromi
-
Mengurangi
waktu untuk merespon, keputusan lebih cepat diambil
-
Moril
yang lebih baik, antusiasme dari keterlibatan karyawan
-
Mengurangi
biaya overhead administrasi rutin
Kelemahan
Tim :
-
Loyalitas
ganda dan konflik
-
Waktu
dan sumberdaya lebih banyak untuk pertemuan
-
Desentralisasi
tidak terencana
e. Jaringan
Organisasi
menjadi suatu pusat yang kecil, terhubung secara elektronis dengan organisasi
lainnya yang melakukan fungsi-fungsi vital. Departemen bersifat independen dan
melayani kontrak dengan sentral untuk mendapatkan keuntungan.
Bentuk
Struktur Jaringan :
Keunggulan
Jaringan :
-
Daya
saing global
-
Fleksibilitas
tenaga kerja / tantangan
-
Mengurangi
biaya administrative
Kelemahan
Jaringan :
-
Tidak
ada pengendalian langsung
-
Dapat
kehilangan bagian organisasi
-
Lemahnya
loyalitas karyawan
f. International
Pendekatan
struktur organisasi yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan memanufaktur,
membeli, dan menjual di pasar global.
Contoh: www.universalpictures.com
g. Tanpa Batas
Organisasi yang
meminimalkan atau menghilangkan batasan-batasan dan struktur-struktur
tradisional. Contoh:
General Electric (GE)
h. Virtual
Organisasi yang
memiliki sedikit atau tanpa struktur formal. Contoh: Global Research Consortium (GRC)
i. Pembelajaran
Organisasi yang
bekerja untuk mengintegrasikan perbaikan pendidikan dan pengembangan karyawan
secara berkesinambungan.
Contoh: www.countonshell.com
Komentar :
Di dalam sebuah perusahaan
terdapat SDM dan organisasi, dengan adanya organisasi di dalam sebuah
perusahaan, maka organisasi tersebut memiliki tujuan yang sama. Setiap
perusahaan memiliki beberapa bagian, contoh : bagian produksi, bagian
maintenance, bagian akutansi, bagian pengiriman barang dan lain-lain. Dari
setiap bagian tersebut memiliki kepala bagian atau pemimpin yang mengatur dan
melaporkan informasi ke atasan nya.
Dengan adanya pembagian
tersebut maka tugas yang di kerjakan akan semakin lebih cepat. Dari yang sudah
dijelaskan diatas organisasi memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan,
semakin banyak organisasi yang bekerja sama maka loyalitas ganda dan bisa terjadi
konflik. Namun dengan adanya organisasi pemecahan masalah, penggunaan SDM dan
lain-lain dapat teratasi dengan cepat dan efisien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar