Pages

Selasa, 21 Oktober 2014

TUGAS 2 SOFTSKILL PBI

Nama : ANDREAN CIPTA
NPM  : 50411785
Kelas  : 4IA12


SDM dan Organisasi
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Struktur Organisasi
Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun. Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Jadi,Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Bentuk struktur organisasi di antaranya sebagai berikut :
a.    Fungsional
Orang-orang dikelompokkan ke dalam departemen – departemen menurut kesamaan keterampilan dan aktivitas-aktivitas kerja. Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus. Struktur organisasi fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor. Contoh:  www.garden.com
Ciri-ciri fungsional :
- Organisasi kecil
-  Di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
-  Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
-  Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
-  Pengawasan dilakukan secara ketat
-  Tidak menjamin adanya kesatuan perintah
-  Hemat waktu karena mengerjakan pekerjaan yang sama

Rancangan Struktur Fungsional :
Keunggulan Fungsional :
-  Penggunaan sumberdaya yang efisien, skala ekonomis
-  Spesialisasi keterampilan yang mendalam dan pengembangan
-  Kemajuan karier dalam departemen fungsional
-  Panduan dan pengendalian dari manajemen Puncak
-  Koordinasi yang luar biasa dalam fungsi-fungsi
-  Pemecahan masalah teknikal yang berkualitas
Kelemahan Fungsional :
-  Komunikasi lintas departemen fungsional yang buruk
-  Tanggapan lambat yang diberikan pada perubahan lingkungan, ketinggalan inovasi
-  Keputusan terkonsentrasi pada hirarki puncak, menciptakan penundaan
-  Tanggung jawab bagi masalah yang muncul sulit ditunjukkan secara tepat
-  Pandangan terbatas mengenai sasaran organisasi dari pada karyawan
-  Pelatihan manajemen umum yang terbatas bagi karyawan
b.    Divisional
Departemen dikelompokkan ke dalam divisi mandiri terpisah berdasarkan pada kesamaan produk, program, atau daerah geografis. Perbedaan keterampilan merupakan dasar departementalisasi, dan bukannya kesamaan keterampilan. Contoh : www.heinz.com
Rancangan Struktur Divisional :
Keunggulan Divisional :
-  Cepat tanggap, fleksibilitas pada lingkungan yang tidak stabil
-  Memperhatikan kebutuhan konsumen
-  Koordinasi yang luar biasa lintas departemen fungsional
-  Pembebanan tanggung jawab yang jelas bagi permasalahan produk
-  Penekanan terhadap keseluruhan produk dan tujuan divisional
-  Pengembangan keterampilan manajemen umum

Kelemahan Divisional :
-  Duplikasi sumberdaya lintas divisi
-  Kurang pendalaman teknis dan spesialisasi dalam divisi-divisi
-  Koordinasi yang buruk lintas divisi
-  Kurangnya kendali sumberdaya menajemen puncak
-  Kompetesi untuk sumberdaya perusahaan
c.    Matriks
Ranati komando divisional dan fungsional diimplementasikan secara simulatan dan membebani satu sama lainnya dalam departemen yang sama. Terdapat dua rantai komando, dan beberapa karyawan memberikan laporan pada dua bos. Contoh : www.nasa.gov
Bentuk Struktur Matriks :
Keunggulan Matriks :
-  Penggunaan sumberdaya yang lebih efisien dibandingkan pada hirarki tunggal
-  Fleksibilitas dan adaptabilitas terhadap lingkungan yang terus berubah
-  Pengembangan keterampilan manajemen umum dan spesialis
-  Kerja sama interdisiplin, ketersediaan ahli untuk seluruh divisi
-  Pelebaran tugas-tugas bagi para karyawan
Kelemahan Matriks :
-  Frustasi dan kebingungan dari rantai komando ganda
-  Konflik tinggi antara dua sisi matriks
-  Banyak pertemuan, lebih banyak diskusi daripada tindakan
-  Membutuhkan pelatihan hubungan manusia
-  Dominasi kekuatan oleh salah satu sisi matriks
d.    Tim
Organisasi membentuk serangkaian tim untuk menyelesaikan tugas-tugas khusus dan untuk mengkoordinasikan departemen-departemen utama. Contoh : www.apple.com
Bentuk Struktur Tim :
Keunggulan Tim :
-  Punya beberapa keunggulan struktur fungsional
-  Mengurangi hambatan antar departemen, meningkatkan kompromi
-  Mengurangi waktu untuk merespon, keputusan lebih cepat diambil
-  Moril yang lebih baik, antusiasme dari keterlibatan karyawan
-  Mengurangi biaya overhead administrasi rutin
Kelemahan Tim :
-  Loyalitas ganda dan konflik
-  Waktu dan sumberdaya lebih banyak untuk pertemuan
-  Desentralisasi tidak terencana
e.    Jaringan
Organisasi menjadi suatu pusat yang kecil, terhubung secara elektronis dengan organisasi lainnya yang melakukan fungsi-fungsi vital. Departemen bersifat independen dan melayani kontrak dengan sentral untuk mendapatkan keuntungan.
Bentuk Struktur Jaringan :

Keunggulan Jaringan :
-  Daya saing global
-  Fleksibilitas tenaga kerja / tantangan
-  Mengurangi biaya administrative
Kelemahan Jaringan :
-  Tidak ada pengendalian langsung
-  Dapat kehilangan bagian organisasi
-  Lemahnya loyalitas karyawan
f.     International
Pendekatan struktur organisasi yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan memanufaktur, membeli, dan menjual di pasar global. Contoh: www.universalpictures.com
g.    Tanpa Batas
Organisasi yang meminimalkan atau menghilangkan batasan-batasan dan struktur-struktur tradisional. Contoh: General Electric (GE)
h.    Virtual
Organisasi yang memiliki sedikit atau tanpa struktur formal. Contoh: Global Research Consortium (GRC)
i.     Pembelajaran
Organisasi yang bekerja untuk mengintegrasikan perbaikan pendidikan dan pengembangan karyawan secara berkesinambungan. Contoh: www.countonshell.com


Komentar :

Di dalam sebuah perusahaan terdapat SDM dan organisasi, dengan adanya organisasi di dalam sebuah perusahaan, maka organisasi tersebut memiliki tujuan yang sama. Setiap perusahaan memiliki beberapa bagian, contoh : bagian produksi, bagian maintenance, bagian akutansi, bagian pengiriman barang dan lain-lain. Dari setiap bagian tersebut memiliki kepala bagian atau pemimpin yang mengatur dan melaporkan informasi ke atasan nya.
 

Dengan adanya pembagian tersebut maka tugas yang di kerjakan akan semakin lebih cepat. Dari yang sudah dijelaskan diatas organisasi memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan, semakin banyak organisasi yang bekerja sama maka loyalitas ganda dan bisa terjadi konflik. Namun dengan adanya organisasi pemecahan masalah, penggunaan SDM dan lain-lain dapat teratasi dengan cepat dan efisien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar